Senin, 20 Desember 2010

Cara membedakan joy stick PS2 yang ORI dengan yang TW.


Jika kita akan membeli stick PS2 maka kita akan bingung membedakan mana yang ori dan mana yang bukan atau sering disebut TW (taiwan). Apalagi jika kita masih awam, pasti akan susah membedakannya. Karena bentuk dan warnanya yang sangat mirip sekali. Tetapi jika teliti lebih lanjut, maka banyak sekali ciri-ciri yang dapat membedakannya. Apalagi jika keduanya diteliti secara bersamaan. Maka akan nampak beberapa perbedaannya, antara lain sebagai berikut:
• Socket (colokan yang menghubungkan ke PS2) yang ORI ujungnya akan terlihat lebih mengkilap seperti cermin dan yang TW lebih kusam. Ciri-ciri ini yang paling mudah untuk membedakan mana yang ORI dan mana yang TW.
• Kabel, yang ORI jika dipegang akan terasa lebih berserat dan lebih kuat.
• Kipet, jika dipencet akan terasa lebih empuk tetapi pentalannya akan lebih kuat dan kakal, sedangkan yang TW akan terasa lebih lembek.
• Tulisan SONY-nya akan lebih elegan dan lebih mengkilap, sedangkan yang TW kelihatan kusam.
• Bentuk, yang ORI akan lebih halus, apalagi jika diraba bagian sambungan antara atas dengan bawahnya yang TW akan terasa kasar dan seperti bergerigi.
• Berat, jika yang ORI akan lebih berat dan meyakinkan, sedangkan yang TW akan lebih ringan dan terasa ringkih.
• Yang terakhir adalah harga, kerena biasanya harga menjadi pembeda yang paling jelas. Harga pasaran untuk stik ORI mesin saat ini (desember 2010) sekitar Rp 90.000 – 95.000 sedangkan TW Rp 40.000 – 45.000 dan ada yang lebih murah lagi yaitu stick kualitas bawah yakni Rp 20.000 – 30.000.
Untuk lebih memastikan lagi tidak ada salahnya kita menanyakan keaslian stick yang akan kita beli kepada pedagangnya. Tetapi dengan membaca artikel ini setidaknya kita mempunyai pandangan tentang stick yang ORI dengan yang bukan.
Semoga artikel ini dapat membantu kita semua.
Terimakasih.
Ahmad Pajali (FanyPS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar