Kamis, 14 Oktober 2010

Jangan takut main playstation


Banyak orang beranggapan kalau playstation dapat menjadikan anak-anak menjadi bodoh dan mempunyai IQ jongkok. Anggapan itu tidak selamanya benar. Menurut pengamatan saya, justru anak-anak yang gemar bermain playstation adalah anak-anak yang tingkat kecerdasannya lebih tinggi disbanding anak-anak yang cenderung pasif. Karena biasanya penggemar playstation ini cenderung lebih aktif dan energik.
Baru-baru ini menurut peneliti dibidang pesikolog, setiap permainan (termasuk playstation) dapat merangsang pertumbuhan syaraf motoric yang secara langsung mempengaruhi tingkat kecerdasan otak seorang anak. Karena syaraf-syaraf tersebut terangsang saat otak kita bekerja terpicu adrenalin saat kita bermain game. Dan kenyataannya memeng begitu adanya, anak-anak yang gemar bermain playstation biasanya memang anak yang cerdas. Tetapi yang membuat orang tua khawatir adalah efek candu (ketagihan) dari playstation itu sendiri. Karena biasanya anak yang sedang bermain playstation enggan diganggu dan terkadang lupa makan ataupun mandi. Hal ini yang menyebabkan image playstation menjadi negative. Padahal jika teknologi ini digunakan sekedarnya dan menurut fungsinya (hiburan) maka efek positiflah yang akan kita peroleh.
Jadi, jangan khawatir lagi jika kita atau anak kita menggemari playstation. Karena banyak efek positif yang bisa kita peroleh darinya, asalkan kita bermain secukupnya saja, sekedar pelepas stress atau mengisi waktu kosong.
Selamat bermain playstation, selamat bergenbira…….

By: Ahmad Pajali / fanyps@ymail.com

1 komentar:

  1. Selain maen game, jangan lupa maen sama teman2 di luar rumah…
    Selalin bisa bermanfaat untuk meningkatkan ketrampilan bersosialisasi, juga bisa belajar banyak hal…
    Coba deh bermain sambil belajar…sambil bernyanyi dengan lagu di link bawah ini:
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/buat-lingkaran-lagu-anak-karya-kak-zepe.html

    BalasHapus