Sabtu, 16 Oktober 2010

Promosi yang tepat untuk rental playstation


Menyambung artikel yang saya tulis sebelumnya, disini saya ingin membahas tentang promosi. Karena dalam marketing mix kita telah mengenal 4P (produck, pricing, place dan promotion) jadi keempat factor tersebut sangat menentukan keberhasilan bisnis kita. Tak terkecuali promosi, apalagi jika tempat usaha kita kurang strategis, jadi factor promosilah yang akan memberikan pengaruh terbesar.
Dihalam bisnis rental playstation promosi juga sangat diperlukan, namun teknik dan bentuknya berbeda jika kita membuka bisnis yang lainnya. Didalam bisnis playstation promosi yang paling tepat biasanya sebagai berikut:
1. Word of mouth atau promosi dari mulut kemulut. Kerena biasanya pelanggan playstation sangat tergantung dari ajakan teman-tamannya karena memang permainan ini lebih asyik dimainkan dengan teman-teman. Jadi bangunlah image positif untuk bisnis anda.
2. buatlah sepanduk yang menarik dengan ukuran yang lumayan besar, hal ini dapat memberikan kesan mewah dan besar.
3. memberikan diskon penyewaan. Missal sewa playstation selama 3 jam gratis 1 jam. Hal ini mendorong para pelanggan untuk betah berlama-lama ditempat bisnis anda.
4. memberikan bonus-bonus menarik, seperti yang berulang tahun dihari tertentu mendapat bonus 1 jam main playstation, hanya dengan menunjukan KTP atau kartu pelajar. Atau dengan memberikan bonus bagi yang mendapat rangking 1, atau bonus-bonus menarik lainnya. hal ini dapat memberikan kesan yang bersahabat bagi pelanggan.
5. sponsor kegiatan, serperti yang saya, lakukan kemarin FanyPS membantu anak-anak futsal dalam membikin kaos seragam olah raganya dan menyantumkan logo FanyPS seperti kaos-kaos team sepak bola propesional. Dulu juga FanyPS pernah menyeponsori anak-anak yang ikut takbir keliling saat lebaran Idul Fitri tetapi dengan catatan spanduk FanyPS harus dipasang dalam truk yang mereka tumpangi, atau mengirim ucapan pernikahan kepada teman. Hal ini selain membantu pihak yang kita sponsori, juga logo kita akan banyak dilihat banyak orang, dan makin dikenal karena sering hadir dievent-event tertentu.
6. berikan hadiah, walau hanya sekedar stiker, buku ataupun kaos (tentu dengan sablon logo kita) tetapi ini dapat memberikan efek jatuh hati. Biasanya pelanggan yang mendapat kenang-kengan tidak akan melupakan dan akan menjadi pelanggan setia bisnis kita.

Dan masih banyak lagi bentuk-bentuk promosi yang dapat kita lakukan, tinggal bagaimana kita mencari ide-ide kreatif yang cocok untuk bisnis yang kita jalani. Jadi sekecil usaha promosi kita, asalkan tepat sasaran akan memberikan pengaruh yang besar kepada bisnis kita.
SELAMAT BERBISNIS

Ahmad Pajali (FanyPS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar