Rabu, 17 November 2010

KIAT-KIAT MENGEMBANGKAN BISNIS BAGI PEMULA.


Dalam dunia bisnis kita telah mengenal istilah pengembangan usaha, atau sering disebut ekspansi. Karena ciri-ciri kehidupan adalah bertumbuh. Jadi setiap bisnis dituntut harus terus berkembang dan tumbuh. Jika tidak, maka bisnis tersebut bisa dikatakan telah mati atau sekarat.
Kebanyakan orang jika berbisnis akan mudah puas dan staknan. Dan kebanyakan dari mereka yang justru bisnisnya makin menurun dan mengerdil. Oleh karena itu setiap berbisnis harus selalu termotifasi untuk selalu mengembangkan bisnis yang kita jalani agar tidak terjadi pengerdilan bisnis.
Berikut ini kiat-kiat mengembangkan bisnis bagi pemula.
• Perbanyak konsumen / pelanggan.
Dangan banyaknya konsumen maka bisnis kita akan lebih dikenal luas dan meningkatkan omset penjualan.
• Perbesar omset penjualan.
Jika kita berjualan bakso, jika ada pelanggan yang datang usahakan pelanggan tersebut memesan 10 bungkus, jika kita membuka rental Playstation bikin setiap pelanggan agar menyewa minimal 3jam (tentunya dengan trik dan strategi tertentu). Dengan demikian omset kita akan tinggi dan bisnis kita terkesan besar dan mudah berkembang.
• Perbanyak produk.
Setelah pelanggan banyak dan omset penjualan meningkat, maka akan mudah untuk menambah pruduk / barang dagangan yang kita jajakan. Contoh, jika kita berdagang bakso maka kita bisa memperbanyak produksi bakso dan tidak menutup kemungkinan untuk menambah fariasi lain seperti bakso campur sate, bakmie rasa bakso, soto bakso dan macam-macam minuman. Jika kita bisnis rental Playstation kita bisa memperbanyak jumlah unit Playstation atau menambah variasi lain seperti XBOX, PSP, nintendo, game online atau jenis-jenis game lainnya.
• Perbesar tempat usaha.
Agar terkesan mewah dan bonafit maka teknik ini sangat perlu untuk diimplementasikan. Karena biasanya konsumen jika ingin membeli sesuatu biasanya mereka akan memilih toko yang lebih besar dan rame. Jadi jangan heran jika toko-toko yang besar akan rame dan semakin rame.
• Ekspansi / perbanyak cabang usaha.
Jika tempat usaha tidak memungkinkan untuk mengembangkan bisnis kita, maka cara yang terbaik adalan membuka cabang. Karena dengan banyaknya cabang maka bisnis kita akan lebih terkenal dan terkesan mapan. Jadi pelanggan kita akan mekin percaya dan loyal. Membuka cabang juga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Tak heran jika ada minimarket yang mempunyai banyak cabang dan tersebar dimana-mana, tetapi mereka laku semua dan makin laris manis.

Intinya setiap bisnis harus terus tumbuh dan berkembang agar dapat bersaing dan terus hidup.
SALAM SUKSES

NB: untuk perluasan usaha, kini FanyPS buka cabang baru.....

By: Ahmad Pajali –FanyPS-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar