Rabu, 21 April 2010

15 Tahun Playstation

PlayStation, mesin game paling sukses didunia dan salah satu produk paling sukses yang pernah direlease dari kantor pusat Sony di Shinagawa, genap berusia15 tahun tanggal 4 desember kemarin. Sejak dirilis di musim liburan tahun 1994 playstation telah membuat game menjadi lebih keren, sebagai pionir dalam pembuatan DVD sebagai cara untuk menonton film dan memperkenalkan kepada dunia kreativitas terbaik bangsa Jepang dan budaya.

Awalnya Playstation dirancang sebagai komponen penunjang untuk CD Super Nintendo Famicom (Family Computer) lama. Nintendo dan Sony sudah sejak lama bekerja sama dalam proyek Nintendo. Mesin ini memulai debutnya di salah satu stand terbesar yang pernah ada di Consumer Electronics Show pada tahun 1991, tetapi dihari berikutnya, Nintendo untuk memberikan pengumuman pers untuk mengakhiri kemitraannya dengan Sony. Sesuatu yang sangat mengejutkan dan merasa dipermalukan di depan umum, CEO Sony pada masa itu, Norio Ohga, segera memberi lampu hijau untuk pembentukan perusahaan gaming sendiri untuk masuk ke kompetisi gaming dunia secara langsung.

Tiga tahun kemudian veteran pembuat barang- barang elektronik ini memasuki industri hiburan komputer untuk pertama kalinya, peluncuran PlayStation (sekarang dikenal sebagai PS One) di Jepang pada 3 Desember 1994.

Menampilkan dominasi CD loader, mesin relatif baru yang memfokuskan pada multimedia yang disampaikan melalui compact disc berhasil dalam membangun potensi media digital mendekati abad ke-21. Semakin meluas dipakai sebagai format bagi penikmat musik, CD semula dirancang sebagai salah satu cara untuk membawa semua hiburan digital. Video CD, digital interaktif ensiklopedi dan film telah ada, tetapi belum bisa menangkap imajinasi publik pada umumnya.
Permainan PlayStation adalah format yang menunjukkan bukti apa yang bisa dilakukan dari kombinasi unik dari musik, video dan interaksi dan membentuk cara modern bagaimana orang itu harus dihibur dimasa depan.

Dengan cakram CD ditambah lagi dengan kemampuan produksi media (kemudian lantas menyelesaikan pembelian film Hollywood Pictures dan MGM studio rekaman CBS Records), PlayStation memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk menciptakan generasi baru dari permainan. Untuk pertama kalinya penggemar gaming merasa bermain playstation seperti sebuah film, sementara itu departemen marketing Sony juga mempunyai alat untuk mempromosikannya di seluruh dunia. Perusahaan – perusahaan game Jepang adalah yang pertama kali melihat prospek ini dan lalu menciptakan judul epik yang didasarkan pada subkultur anime dan manga ( kartun ) lokal ke Tokyo lalu keseluruh Jepang. Tidak dapat diragukan lagi pengaruh PlayStation sudah dalam menciptakan imej Jepang sebagai kekuatan budaya di media massa modern.

Karakteristik lain dari Playstation selama bertahun-tahun adalah kampanye pemasarannya. (Salah satu kekuatan kampanye lainnya adalah janji janji muluk, seperti yang terus dilakukan oleh para kandidat presiden, gubernur ataupun bupati di Indonesia). Ketika pertama kali diluncurkan untuk “test drive” para pemakai telah menyorot nama ‘PlayStation’, yang kemudian cabang Sony bagian iklan di Amerika mulai mengiklankan Sony PlayStation di bawah nama ‘PSX’. Ini tidak disadari sampai akhirnya mereka menyadari bahwa sebelumnya juga nama “Walkman” (di Indonesia, semua tape atau radio portable dianggap “walkman”).
PlayStation poster kampanye selama bertahun-tahun telah juga membawa perhatian, meskipun sebenarnya melawan hukum, seperti semprotan seniman grafiti lukisan iklan mereka ke jalan-jalan kota utama AS termasuk New York dan San Francisco. Di tempat lain poster – poster playstation menghiasi stasiun – stasiun kereta bawah tanah dengan ‘take a running jump here’ dan awan jamur raksasa menampilkan nuklir pada beberapa iklan terbaru PlayStation 3.
Salah satu yang benar-benar tetap bertahan dan sangat menonjol selama 15 tahun terakhir adalah yang digunakan pada saat peluncurannya pertama kali; ‘Do not underestimate the power of PlayStation.’

Kesuksesan yang luar biasa adalah dari PlayStation 2. Namun PlayStation 3 memulai musim liburan dengan jajaran permainan – permainan baru, film – film Blu-ray dan berbagai perangkat keras pendukung yang baru di update, adalah dasar untuk tahun 2010 dan sukses besar di masa depan.

Sony mempunyai website baru tersendiri ( Masih dalam bahasa epang saja, tetapi dengan gambar gambar yang bagus) untuk menggambarkan sejarah 15 tahun Playstation. Klik disini kalau mau coba mengintip.

Happy New Year, everybody !!!!

Welcome 2010

dikutip dari chikochoki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar