Rabu, 21 April 2010

Cara memperbaiki optik Playstation (1 & 2)

Apabila Playstation anda tidak dapat membaca cd game, loading lama, maupun mengalami Hang di tengah-tengah permainan, lakukanlah pemeriksaan berikut ini sebelum anda memutuskan untuk memperbaiki atau mengganti optik Playstation (ini berlaku untuk PS1 dan PS2).

Coba gunakan beberapa cd game. Hal ini untuk memastikan bahwa cd game yang anda miliki tidak rusak. Jika semua cd game tersebut tidak bisa dijalankan, bisa dipastikan bahwa optik tersebut mengalami kerusakan. Dan jika hanya sebagian dari cd game tersebut yang bisa dimainkan, itu tandanya bahwa optik tersebut sudah lemah. Langkah awal sebelum anda membongkar Playstation adalah membersihkan lensa optik dengan menggunakan Cotton Bud (untuk PS2 tebal, anda terpaksa harus membongkar Playstation untuk bisa mengakses optik tersebut).

Jika sudah yakin bahwa optik Playstation anda rusak, lakukan prosedur di bawah ini.
Playstation 1
-Untuk membuka optik PS1, lepaskan ke-6 baut yang ada di bagian bawah hingga tampak seperti gambar.


-Bersihkan semua benda yang bergerak pada mekanik optik terutama Rel Optik.
-Lakukan penyetelan terhadap Variabel Resistor (VR). Untuk yang satu ini, lakukan dengan HATI-HATI.Caranya adalah dengan memutar VR ke arah kiri (untuk memperlemah sinar laser), atau ke arah kanan (untuk memperkuat sinar laser). Selalu memutar VR ke arah kiri terlebih dahulu sedikit demi sedikit dan jangan memutar melebihi 45 derajat. Lalu tes Playstation anda. Jika masih belum bisa, barulah memutar VR ke arah kanan. Sekali lagi jangan melebihi 45 derajat. Selanjutnya lakukan pengetesan.

Anda sudah melakukan semua petunjuk dan ternyata masih belum bisa memainkan Playstation anda? Tenang,.. Masih ada cara terakhir. GANTI OPTIK ANDA hehehe...)

Playstation 2
-Untuk memperbaiki optik PS2, caranya kurang lebih sama dengan cara memperbaiki optik PS1. Perbedaannya pada optik PS2 terdapat 2 VR, 1 untuk cd game PS1 dan 1 lagi untuk cd game PS2. Untuk lokasi VR pada optik PS2 slim, silahkan lihat pada gambar.

-Untuk mengeluarkan optik tersebut, cukup buka kedua baut di besi rel optik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar