Rabu, 21 April 2010

Kenapa banyak orang tergila-gila dengan PlayStation?


Mungkin pertanyaan ini yang sering timbul dalam benak saya. Bahkan sampai sekarangpun, sampai saya mempunyai rental PS sendiri masih tetap terheran-heran jika melihat seorang anak yang main PlayStation sampai berjam-jam apalagi sampai seharian full? Wah pokoknya gak habis pikir deh. Mungkin hal ini terjadi karena saya kurang menggemari PlayStation alias gak bisa main PS, kecuali permainan motor GP, soalnya gampang sie... heheheee.... (maklum, saya buka rental PlayStation bukan karena hoby tetapi cenderung melihat ke peluang bisnis) tetapi saya yakin, segala sesuatu jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda maka hasilnyapun akan berbeda juga. Mungkin inilah yang terjadi, jika saya berada diposisi mereka (PS-mania) saya akan memiliki seribu macam alasan untuk terus bermain PlayStation. Jadi, sekarang kita jangan terheran-heran apalagi memfonis mereka dengan emage negatif. Sebelum kita melihat dan mengenal mereka lebih dekat lagi.

Setelah melakukan survey kecil-kecilan (maklum saya kan pemilik rental PlayStation fanyPS jadi boleh dong mengamati pelanggan dikit-dikit?) akhirnya saya memberanikan diri mengambil kesimpulan, mengapa mereka yang menggemari PlayStation rela meluangkan waktu berjam-jam demi nongkrong didepan TV sambil memegang stik PlayStation?

Demikianlah kesimpulan dari hasil survey kecil-kecilan yang saya lakukan:

1. PlayStation memberikan hiburan yang mudah dan murah, inilah alasan yang pertama sering muncul dari mulut penggemar PlayStation. Bila dibandingkan bermain game di mall-mall maka PlayStation cenderung lebih murah, dan tidak perlu repot-repot pergi ke mall yang lokasinya sangat jauh.

2. PlayStation menyajikan permainan yang mudah diatur tingkat kesulitanya. Berbeda jika dibandingkan dengan permainan tradisional pada zaman dahulu. Bayangkan saja jika dulu kita main petak umpet, borem, bola kastik, loncat karet, bentik, ingkling, balap lari, balap karung dan masih banyak lagi permainan tradisional lainnya. Jika kita kalah berarti kita harus rajin berlatih lagi agar kita lebih jago dalam permainan tersebut. Tetapi coba kita lihat sekarang, jika anak-anak bermain suatu permainan di PlayStation, apabila mereka kalah maka mereka akan menurunkan level atau tingkat kesulitannya. Jadi PS-mania bisa mengatur tingkat kesulitan yang sesuai yang mereka inginkan dan gak perlu berlatih lagi. Bukankah begitu keadaannya?

3. PlayStation memberikan kesenangan fantastik terutama bagi anak-anak. Karena pada dasarnya anak-anak sangat menggemari gambar atau permainan-pernainan yang mengandung khayalan atau imaginatif, hal inilah yang akan mereka bawa hingga remaja bahkan dewasa.

4. PlayStation dapat memberikan efek positif bagi penderita stress. Karena jika seseorang yang sedang banyak pikiran atau sering disebut penderita stress, maka banyak hal yang bisa kita lakukan agar kita terhindar dari stress. Diantaranya adalah bermain game atau PlayStation. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun dapat menggunakan teknologi ini untuk menghilangkan stress. Karena biasanya orang yang sedang bermain playstation akan terhanyut dalam permainannya dan melupakan semua beban pikirannya. Hal inilah yang sering disebut efek positif playstation.

Tetapi jika kita tidak bisa mengontrol dan sering bermain playstation secara berlebihan maka kita dapat keterusan dan lama kelamaan bisa kecanduan, inilah yang disebut efek negatif playstation.

Untuk mengantisipasi hal ini hendaknya kita bermain playstation secukupnya dan pada saat stress saja.

Karena playstation adalah obat stress, bukan penambah stress...

Mungkin demikianlah sedikit kesimpulan dari saya, mungkin juga tidak dapat diiyakan 100% kebenarannya, karena ini hanyalah sedikit hasil penilaian dari survey kecil-kecilan yang saya lakukan. Semoga ini dapat membantu kita dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran kita.

Salam hangat dari saya, Ahmad Pajali (FanyPS)

TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar