Senin, 19 April 2010

MEMAJUKAN USAHA RENTAL PLAY STATION Oleh: FanyPS

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING & Mike Rini
Ajie --- Palembang
Hai, Mbak Rini...
Saya sebenarnya sudah lama ingin berkonsultasi mengenai masalah ini kepada Mbak Rini, tapi baru kesampaian saat ini. Saya bekerja di salah satu bank BUMN selama sudah 2 tahun sebagai tenaga kontrak dan menjalankan usaha rental playstation (PS)--juga sudah 2 tahun. Akhir-akhir ini usaha saya agak menurun dan mungkin Mbak Rini punya solusi bagiman meningkatkan penghasilan tambahan saya ini?
Atas jawaban Mbak Rini, saya ucapkan terimakasih.



Jawaban:
Halo Pak Ajie,
Usaha penyewaan playstation (PS) adalah usaha jasa yang menyedikan sarana game elektronik dengan media TV dan playstation. Penggemar playstation bisa dari berbagai umur, mulai dari anak-anak, remaja sampai usia dewasa dan kebanyakan laki-laki. Playstation bisa dimainkan sendiri namun lebih asyik jika dimainkan bersama-sama. Karena itu, walaupun orang bisa memainkan playstation dari rumah sendirian, namun lebih suka memainkan bersama-sama teman. Selain harga playstation yang cukup mahal, belum lagi CD game-nya tentu harus secara teratur dibeli supaya kita tidak bosan memainkan game yang itu-itu saja. Hal inilah yang mungkin menyebabkan orang lebih senang datang ke rental playstation karena lebih murah dan suasananya lebih ramai.
Namun setiap usaha memang mengalami pasang surut, karena itu hal yang harus kita lakukan adalah mengadakan evaluasi dan revisi atas kinerja usaha kita, sehingga bisa diambil langkah-langkah perbaikan. Untuk melakukan evaluasi dan revisi ini, maka lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut:
1. TEMUKAN PENYEBABNYA
Tolak ukur menurunnya kinerja sebuah usaha bisa dilihat dari penururan omzset yang terjadi karena berkurangnya jumlah pengguna jasa (langganan), sehingga jam pemakaiannya pun berkurang. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal:
a. Persaingan. Mungkin ada usaha sejenis pada area yang cukup dekat, sehingga mengakibatkan pelanggan Anda pindah ketempat baru.
b. Pelayanan yang buruk. Para pelanggan Anda mungkin kecewa dengan pelanan jasa playstation Anda. Mungkin tempatnya kurang nyaman (tidak bersih, bau atau sumpek, dll)
c. Pelanggan bosan dengan game yang itu-itu juga.
d. Harganya mungkin mahal.
e. Muculnya tren game elektronik terbaru yang lebih menarik daripada playstation, misalnya game online di internet.
Buatlah data-data kemungkinan penyebab dari menurunnya usaha Anda seperti contoh diatas. Karena dengan mengetahui penyebabnya, maka selanjutnya akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari jalan keluarnya. Adapun setelah mencari kemungkinan penyebabnya, maka langkah sselanjutnya adalah:
2. MENCARI JALAN KELUARNYA
Untuk meningkatkan kembali kinerja usaha, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain:
a. Melakukan promosi. Kalau kita hanya bersikap pasif sambil menunggu pelanggan datang maka kecil kemungkinan orang akan tahu tentang usaha kita. Karena itu kita harus memberitahu orang tentang usaha kita dengan cara promosi, terutama kepada yang memilki hobi main playstation. Promosi tidak harus mahal karena tidak efisien, minimal Anda bisa lakukan promosi dari mulut ke mulut. Bisa juga Anda adakan acara tertentu misalnya pertandingan playstation, kemudian hadiahnya adalah gratis main selama beberapa jam.
b. Tempat yang kotor, bau, sumpek, panas tentu sangat tidak menyenangkan dan membuat pelanggan tidak betah. Karena itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat usaha Anda. Tempatkanlah beberapa tempat sampah agar sampah tidak berserakan dimana-mana. Mungkin Anda bisa pasang kipas angin atau AC supaya tidak sumpek dan panas. Akan lebih menguntungkan kalau playstation Anda punya kamar mandi sendiri, namun jika letaknya di rumah mungkin bisa dipertimbangkan untuk digunakan oleh pelanggan juga. Bisa juga Anda berikan minuman gratis (air putih) untuk pelanggan. Jangan lupa beri senyum yang ramah kepada para pelanggan. Intinya, lakukanlah peningkatan pelayanan yang perlu agar pelanggan merasa betah bermain playstation di tempat Anda.
c. Perhatikan tren game yang sedang digemari, dan usahakan selalu tersedia ditempat Anda.
d. Perhatikan juga masalah harga sewa playstation. Jangan sampai berbeda jauh dengan tempat playstation lainnya. Karena biasanya para pelanggan sensitif terhadap harga.
e. Bisa juga dicoba untuk membuat tambahan layanan jasa lainnya. Misalnya Anda menambah investasi untuk membeli komputer sehingga Anda juga sekaligus menawarkan jasa rental komputer.
f. Pisahkan keuangan keluarga dengan keuangan usaha agar tidak saling menganggu. Jangan lupa juga untuk menyisihkan sejumlah pendapatan dari keuntungan usaha untuk cadangan pengembangan usaha di kemudian hari.
3. LAKSANAKAN RENCANA PERBAIKAN USAHA YANG TELAH ANDA BUAT, DAN LAKUKAN EVALUASI DAN REVISI, MINIMAL 1 TAHUN SEKALI
Selamat berbisnis.
Salam,
FanyPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar