Rabu, 21 April 2010

Sony Segera Luncurkan PlayStation Move Sony berambisi menumbangkan dominasi Nintendo Wii.

Jum'at, 12 Maret 2010, 14:16 WIB
Eka Puspasari
PlayStation 3 (slipperybrick.com)

VIVAnews - Produsen konsol permainan PlayStation, Sony, mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan sistem pengendali gerakan PlayStation Move. Langkah ini diharapkan dapat menumbangkan dominasi Nintendo yang merajai pasar permainan dengan sensor gerakan dengan Wii-nya sejak 2006 silam.

"Saya berterimakasih kepada Nintendo yang telah memperkenalkan permainan video dengan basis sensor gerakan, namun ini saatnya bagi pengguna Wii untuk beralih ke PlayStation yang menawarkan pengalaman baru," kata wakil presiden bidang pemasaran Sony Computer Entertainment, Peter Dille, Kamis, 12 Maret 2010.

Dille mengatakan pengguna Wii tidak akan mengalami kesulitan untuk bermigrasi ke PlayStation Move yang merupakan paket tambahan PlayStation 3 ini. Penggemar Wii juga akan dimanjakan oleh Sony dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki PlayStation 3.

Sistem pemindai gerak nirkabel ini dipasang dalam kamera PlayStation Eye. Stik pengendalinya dilengkapi dengan bola pemancar cahaya yang akan dikenali sensor dalam kamera itu.

"Tidak ada konsol yang dapat memberikan pengalaman seperti ini," kata presiden Sony Computer Electronics Worldwide Studios, Shuhei Yoshida.

PlayStation Move akan mulai dipasarkan menjelang akhir tahun ini. Pihak Sony belum merilis rincian spesifikasi dan harga pastinya. Namun Dille mengatakan bahwa paket PlayStation Move akan dijual dengan harga di bawah US$ 100 dan berisi PlayStation Eye, pengendali gerakan, dan satu permainan.

Pencipta permainan-permainan seperti Activision Blizzard Inc., Electronic Arts Inc., dan Square Enix dikabarkan sedang mengembangkan permainan yang dapat dimainkan dengan PlayStation Move.

Sementara itu, produsen konsol Xbox 360, Microsoft juga dikabarkan sedang mengembangkan sistem serupa bernama Project Natal yang akan diluncurkan akhir tahun ini. Paket Natal akan berisi kamera, sensor kedalaman, mikrofon, dan prosesor, sehingga pengguna Xbox tidak lagi memerlukan stik.

Meski permintaan konsumen melambat selama beberapa bulan terakhir, Wii masih merupakan konsol terlaris di Amerika Serikat. Januari lalu, organisasi periset pasar NPD Group mencatat bahwa 465 ribu unit Wii terjual, jauh melebihi Xbox (332.800 unit), dan PlayStation 3 (279.600 unit).

(Associated Press)

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar