Kamis, 15 April 2010

Peluang Usaha dan Bisnis Rental Play Station


Dunia game memang tidak pernah sepi dari peminat. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa menyukainya. Karena harga dari alat play station ini relatif mahal maka banyak dari pemain game lebih suka menyewa alat ini ditempat penyewaan. Bagi daerah yang sudah cukup banyak terdapat game center (bermain game secara online di internet) mungkin peluang usaha ini kurang dapat berkembang. Namun di tempat dimana sarana bermain di internet belum begitu dikenal umum maka peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan.

Pangsa Pasar

Pangsa pasar dari usaha ini paling banyak datang dari anak-anak remaja yang mempunyai waktu luang.

Hal-hal Yang Diperlukan

Untuk memulai usaha ini maka penetuan lokasi menjadi faktor yang cukup penting. Lingkungan perumahan dengan kelas ekonomi menengah mungkin adalah tempat yang paling pas. Sebab mayoritas kalangan ekonomi menengah atas biasanya sudah memiliki alat permainan ini sehingga tidaklah tepat untuk memulai usaha ini di lingkungan ini. Untuk ukuran ruangan anda dapat mulai dengan ruangan berukuran 3 x 4 meter. Sebenarnya bentuk ruangan yang memanjang adalah yang paling ideal sehingga alat play station dan televisi dapat diletakkan disebelah kanan dan kiri ruangan. Lakukanlah survey kecil-kecilan di tempat penyewaan play station yang ada sehingga anda dapat mengetahui jenis-jenis permainan apa saja yang paling digemari oleh para pemain. Bila anda telah mendapatkan datanya maka jumlah kaset permainan yang paling digemari jumlahnya harus mencukupi bila seandainya cukup banyak pelanggan yang ingin melakukan permainan yang sejenis. Untuk mengurangi jumlah uang yang anda harus keluarkan terutama untuk pembelian televisi maka ada baiknya bila anda membeli televisi dari merek yang kurang ternama namun dikenal cukup awet. Juga untuk mengantisipasi terjadinya gangguan terhadap peralatan elektronik yang digunakan maka ada baiknya anda memperkerjakan satu orang yang mengerti akan hal ini sekaligus sebagai pengawas tempat permainan. Kalau memungkinkan anda buatkan program dikomputer untuk memantau lama permainan masing-masing pesawat dan juga untuk kontrol keuangan yang masuk.

Kendala

Semakin lama akan semakin banyak jenis usaha ini. Untuk itu anda perlu menyiasatinya agar tempat usaha anda tetap ramai di kunjungi pelanggan.

Tips

Karena biasanya para pemain game ini cukup lama dalam melakukan aktifitasnya maka tempat yang nyaman menjadi salah satu faktor penting dalam usaha ini. Hal ini menyangkut peralatan play station yang bekerja dengan baik, kaset yang cukup lengkap, tempat yang tidak sempit dan kipas angin.

Tersedianya makanan dan minuman juga menjadi faktor pelengkap tempat usaha anda. Selain membuat para pemain semakin lama berada ditempat anda juga akan memberikan tambahan pemasukan untuk anda.

Untuk lebih menarik bagi pelanggan mungkin anda dapat membuat sistem paket dan bonus. Misalnya jika mereka bermain selama lima jam maka akan ada bonus selama satu jam.

Untuk menghindari terjadinya masalah maka pengawasan di tempat usaha dan di sekitarnya dirasakan cukup perlu. Misalnya jangan sampai terjadi anak-anak ini berkumpul sambil minum miras atau bahkan narkoba. Karena bila hal ini sampai meresahkan masyarakat disekitar anda tidak menutup kemungkinan anda akan diminta untuk memindahkan tempat usaha anda.

dikutip dari: Jimmy Kurnia Indradjaya | May 16, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar