Sabtu, 17 April 2010

Keaslian PS3 Berhasil Dijebol Demi Mainkan Game Bajakan

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 5.00 out of 5)

Tak perlu diragukan lagi dengan kehandalan pihak Sony dalam menciptakan PlayStation 3 yang cukup berhasil sejauh ini mengurangi upaya pembajakan game. Dengan kombinasi yang cukup kuat antara hardware dan software yang ditanamkannya, apalagi dengan Blu-ray, membuat PS3 cukup terjamin dan hanya bisa memainkan game-game legal saja alias yang berbayar. Tapi ternyata kegagahan dan rasa percaya diri tersebut kini harus tandas karena kabarnya PS3 telah berhasil dibobol untuk bisa mainkan game bajakan baru-baru ini.

Tersebutlah nama George Hotz, yang belum lama ini mempostingkan artikel dalam blog-nya yang mana menyebutkan bahwa dirinya telah berhasil mengutak-atik hardware PS3 dan telah memodifikasinya. Namanya memang tak terlalu dikenal dan masih cukup diragukan kebenarannya. Tapi tampaknya apa yang ia sebutkan bukanlah hanya bualan saja, karena dia sendiri sudah berhasil membobol iPhone.

“Saya telah membaca/menulis akses ke memori sistem menyeluruhnya, dan HV level untuk mengakses processor. Dengan kata lain, saya telah meng-hack PS3. Sisanya hanya software saja dan saya balikkan.” katanya. “Saya sudah melakukan pembalikkan beberapa kali, termasuk LV0 dan LV1. Saya juga telah membuang NAND tanpa menghapus atau melakukan modifikasi pada chip-nya.”

Namun tampaknya dia belum siap untuk mempublikasikan pengetahuannya tersebut. Sementara itu, solusi untuk pertahanan PS3 pun belum ditambal sama sekali, Sony masih bisa menghambat keberhasilannya. “Sejauh melakukan eksploit, saya belum akan mengungkapkannya. Teori ini benar-benar belum ditambal, tetapi mereka dapat membuat implementasinya menjadi lebih sulit. Selain itu, untuk alasan yang cukup jelas saya belum akan mempostingnya. Saya berharap akan menemukan kunci dekripsinya, sepertinya itu tertanam pada hardware-nya. Semoga saja tak jauh berbeda seperti iPhone KBAG.”

Hots sendiri mengaku sistem yang dibuat oleh pihak Sony memang cukup aman dan membutuhkan waktu 3 tahun, 2 bulan dan 11 hari untuk memecahkannya, mungkin. Kalaupun ada yang benar-benar akan menghancurkan sistem aman ini, tentu orang itu benar-benar hebat sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar