Sabtu, 24 April 2010

[PlayStation 3/Xbox 360 Preview] MotoGP ‘09/10 – Capcom/Monumental Games – Racing
By LeeYunRain
Published: December 7, 2009
Print Email


Share |


Apakah kamu salah seorang penikmat aksi Valentino Rossi dan kawan-kawan di sirkuit balap? Kalau iya, serial game MotoGP pastinya merupakan salah satu hal yang cukup menarik perhatian kamu. Serial game ini pada awalnya diperkenalkan oleh THQ dan Namco, namun telah dipindah-tangankan kepada Capcom semenjak MotoGP ’07 dirilis untuk konsol PlayStation 2. Meskipun game ini terhitung sebagai game dengan kualitas yang relatif (oke bagi yang doyan, biasa aja buat yang juga biasa-biasa aja terhadap MotoGP), game ini tetaplah merupakan sebuah game yang perlu dimainkan oleh para penggemar balap, mengingat bahwa game dengan genre balap motor bukanlah sesuatu yang umum ditemukan saat ini dan game ini memang sebuah game yang resmi dan otentik dari MotoGP.

Melanjutkan apa yang telah ditempuh pada tahun lalu oleh MotoGP ’08, Capcom kini kembali berniat untuk meluncurkan game MotoGP dengan season terbaru sesuai nama dari game itu sendiri, MotoGP ‘09/10. Berbeda dari game-game sebelumnya yang menampilkan judul dengan hitungan waktu season satu tahun, MotoGP ‘09/10 kali ini tampak menghadirkan suasana dari dua tahun season balap MotoGP. Menurut kabarnya, season 2010 pada nantinya akan dapat di-download sewaktu game ini sudah dirilis. Tentunya ini cukup berpengaruh agar game ini sendiri jadi lebih update dengan season mendatang yang sebenarnya.

Mengingat bahwa game ini merupakan sebuah game yang resmi dikembangkan berdasarkan balapan MotoGP sebenarnya, Career Mode pastinya merupakan apa yang jadi tuntutan oleh para penggemar, yang menginginkan adanya suatu simulasi permainan dimana kamu sebagai gamers dapat merasakan keseruan tersendiri sebagai seorang pembalap MotoGP. Menurut kabar sehubungan dengan game ini, fitur Career pun akan kamu temukan kembali dalam game ini, dengan pengembangan yang lebih mendalam dari game sebelumnya. Gamers akan memulai karir pembalap professional dengan sejumlah keterbatasan seperti pilihan kelas yang terbatas pada 125cc, atau pilihan sponsor yang juga dibatasi. Namun, seiring dengan pengalaman balap yang akan semakin bertambah pada nantinya, kamu juga akan dapat mengumpulkan pilihan sponsor yang lebih banyak dengan menyewa manager. Selain itu, progress lainnya di dalam karir juga akan memungkinkan kamu untuk bisa berpartisipasi dalam ajang-ajang balap yang lebih tinggi lagi dan bertanding dalam suatu tim balap MotoGP. Dengan adanya penambahan sejumlah fitur yang menambah realisasi Career Mode dalam game ini, diharapkan game ini akan mempunyai keseruan dan durasi main yang lebih daripada sekedar Arcade Mode.

Selain menampilkan Career Mode, fitur Championship Mode juga akan kembali kamu temukan di dalam game ini. Seperti namanya sendiri, dalam mode ini kamu akan balapan dalam suatu kejuaraan sebagai seorang pembalap, dengan tujuan pasti yaitu memperoleh gelar juara. Pilihan pembalapnya sendiri tentunya merupakan sederetan nama besar pembalap MotoGP yang telah dikenal dunia. Sebagai mode-mode penambah keseruan balap lainnya, juga ada Arcade Mode, dan Time Trial. Dalam Time Trial, berusaha untuk memecahkan rekor yang sebelumnya telah dicetak, tentu merupakan suatu tantangan sekaligus daya tarik tersendiri.


Dan lagi-lagi pengembangan pun tidak hanya dilakukan terhadap fitur mode yang ada di dalamnya. Sejumlah fitur mekanisme baru juga akan bisa kamu rasakan ketika memainkan game ini pada nantinya. Mirip dengan Dirt 2, MotoGP kali ini juga mempunyai suatu fitur yang disebut dengan “second chance” yang memungkinkan kamu untuk memundurkan waktu, misalnya untuk mengulang waktu balapan sebelum terjadinya kesalahan atau tabrakan. Tuck-in juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan LS. Hal ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan motor kamu di jalanan lurus. Berdasarkan pada kesimpulan LYR, yang dimaksud dengan tuck-in ini merupakan posisi badan pembalap yang condong ke bagian depan motor untuk menambah kecepatan. Dalam posisi ini, handling akan terasa sulit untuk dilakukan dan tampilan akan tampak blur, memberikan kesan cepat yang realistis seperti yang pernah dipergunakan dalam Need for Speed: Shift.

Untuk kualitas visualnya, MotoGP ‘09/10 kembali berusaha untuk menampilkan visualisasi yang semakin realistis di dalamnya. Sama seperti sebelumnya, sejumlah track balap dengan khasnya masing-masing akan kembali diperlihatkan sama seperti kenyataannya. Donington Park, Silverstone Circuit, Balatonring, Losail, dan Valencia merupakan beberapa nama di antara sejumlah track yang pada nantinya bisa kamu mainkan di game ini. Selain itu, untuk mendukung terciptanya suasana yang semakin hidup, efek-efek seperti cuaca, keramaian, dan nuansa khas dari tiap track juga akan semakin dibuat realistis. Begitupun dengan detil dari para pembalap bersama dengan motornya. Untuk teknis grafis dari game ini, Monumental telah memberikan kepastian bahwa game ini akan dapat berjalan mulus 60 fps dalam segala kondisinya.

Sebagai tambahan, fitur multiplayer tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat dinantikan, baik secara online maupun split-screen. Begitupun halnya dengan dukungan update DLC untuk game ini. Semoga saja pada nantinya MotoGP ‘09/10 ini akan menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi para penggemar balap motor, terutama MotoGP. Kita tunggu saja, VGI Bikers… (LYR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar